post

Bukan sebatas tanaman, bunga teratai jadi food culture yang kerap dimakan oleh orang Tionghoa. Dinukil dari China Daily, sebagian besar orang Asia khususnya di Cina nikmati bunga teratai dalam bermacam olahan. Bunga teratai ialah tipe tanaman dari suku Nymphaeaceae. Salah satunya macamnya ialah bunga teratai putih yang umum berada di taman. Berlainan dengan bunga yang lain, bunga teratai hidup di air yang tenang. Bunga teratai bisa terapung di atas air sebab mempunyai rongga-rongga udara di tangkai dan akar.

Ciri-ciri khusus bunga teratai ialah memiliki daun dengan susunan pencuci, jadi dapat bersihkan kotoran sendiri. Bunga teratai mempunyai daun yang lebar untuk lakukan evaporasi dan peresapan cahaya matahari. Lepas dari deskripsi bunga teratai yang mengagumkan, warga Tionghoa mempunyai keyakinan jika bunga ini datangkan hal baik lo, Nah, rupanya secara pengetahuan kesehatan, bunga teratai juga bermanfaat. Ada argumen logis dibalik rutinitas mereka. Nah, Sohip langsung baca argumennya di bawah ini. Inilah!

Dalam budaya Tiongkok, bunga teratai menyimbolkan personalitas wanita yang mulia dan murni. Berdasar filosofi itu, arti bunga teratai ialah kemurnian pemikiran yang tercerahkan. Ibaratnya orang yang keluar dari lumpur tetapi tidak terkontaminasi. Bahkan juga kemurnian masih tampil di tengah-tengah kesengsaraan sekalinya. Dengan nilai filosofis ini, bunga teratai dipercayai sebagai bahan penyembuhan dan masakan di Tiongkok sepanjang beberapa ribu tahun.

Patut ya, bunga teratai kecil atau besar jadi tanaman yang kerap dipiara oleh orang Tionghoa. Entahlah itu untuk hiasan atau dimakan. Masalahnya filosofi bunga teratai datangkan beruntung sebab termasuk dalam delapan lambang peruntungan. Jadi, bunga teratai dipandang seperti lambang musim panas yang bawa kesuksesan. Empat tipe bunga teratai yang mempunyai warna berlainan ini dipercayai merepresentasikan faktor kesempurnaan lo.

Warna merah bermakna ketulusan dan kemurnian. Warna putih menyimbolkan kesempurnaan.. Sedang warna biru adalah lambang kemenangan dan kebijakan. Rupanya, berwarna juga berarti ya~

Tahun baru Cina selalu dirayakan tiap tahunnya oleh orang Tionghoa. Umumnya mereka menyajikan makanan ciri khas. Nah, jadi makanan harus saat rayakan tahun baru Cina atau Imlek, masakan bunga teratai tidak bisa terlewati. Sisi bunga teratai yang diproses ialah biji dan akar. Bukan tanpa argumen, akar bunga teratai menyimbolkan peruntungan dan keberkahan. Saat itu, biji bunga teratai berarti keinginan dilimpahi anak lelaki.