post

Saya tercenang hari itu, saat duduk dalam suatu kursi ruangan seminar. Itu kalimat seorang psikiater andal Kota Semarang. Oh? Demikian ya? Lantas saya jadi memahami masalah persyaratan pasangan, masalah umur yang tetap berjalan, dan keseluruhnya itu sudah pasti dibuntel dengan keinginan terhebat untuk mendapati pasangan hidup paling tepat.

Mengapa terbaik? Sebab jadi raja dan ratu itu hanya satu hari! Jika kamu tidak benar-benar masalah pilih pasangan, bagaimana hari-harimu di hari esok dong? Saya yakin, pilih pasangan itu bukan masalah mudah. Beberapa hal yang perlu dilewati, dan keseluruhnya itu memperlihatkan siapa dan bagaimana kualitas diri kamu sendiri.

Ini dech, selalu tegaskan ke diri kamu sendiri jika siapa saja pasanganmu nantinya, dia cermin dari diri kamu sendiri. Jadi, jika ini hari kamu belum mempersiapkan diri jadi lebih baik dan jadi yang terhebat, tidak boleh berharap kamu menyaksikan seorang yang luar biasa saat kamu berkaca.

Ya kan? Mustahil kamu bercermin dan mimpi menyaksikan rambutmu rapi jika menyisirnya saja kamu malas. Like this! Tidak boleh mimpi bersanding dengan pangeran jika kamu tidak memaksakan diri kamu sendiri jadi putrinya. Putri harus bercahaya, sepakat?

Omong-omong masalah bercermin, kamulah yang paling mengenal diri kamu dan mimpimu sendiri. Sore hari ini, saat akan pergi menjumpai keluarga besar, bagaimana keinginanmu pada diri kamu sendiri? Kamu pengin tampil elok kan? Saat pikirkan itu, kamu tentu mulai memikirkan masalah rambutmu, bajumu, sampai aksesori yang nongkrong di badanmu.

Kamu semestinya telah mempunyai kisah yang utuh mengenai badanmu sendiri, lalu berkaca dan menjumpai diri kamu sesuai bayang-bayangmu itu. Sudah pasti, kamu terang tahu jika keinginan tanpa perlakuan riil itu percuma. Keinginan yang bagus pasti selalu diimbangi dengan usaha yang pas kan?

Nah, tepat! Semacam itu berkaca masalah jodoh. Kamu harus tahu pengin berjumpa dengan figur seperti apakah di hari esok, sama sama seperti saat kamu berkaca dan inginkan tampil seperti keinginanmu sendiri. Jika saya pengin menyaksikan rambut saya rapi, saya harus tahu dong apa yang perlu saya kerjakan awalnya? Menyisirnya secara baik dan mengupayakan membereskan rambut kan pokoknya?