post

Setiap orang punyai situasi tidur favorite semasing.. Ada juga yang lebih senang tidur di atas kasur yang hangat dan empuk. Ada yang lebih senang tidur dalam gelap, eh ada pula yang lampunya harus nyala.

Tetapi tahukah kamu jika tidur dengan keadaan lampu berpijar sesungguhnya tidak baik? Jika belum mengetahui, turuti pembahasan Hipwee di bawah ini ya!

Hormon melatonin — hormon pengatur jam tidur — munculkan rasa mengantuk dan bekerja maksimal pada kondisi gelap. Jadi, lumrah saja nyala lampu yang jelas membuat kamu kesusahan tidur. Dengan nyala lampu yang jelas, otak kita akan dibingungkan apa siang atau malam. Jika kamu kerap alami sulit tidur, coba kamu matikan lampu saat sebelum tidur. Siapa tahu mengantuk lebih gampang tiba dan tidurmu lebih pulas.

Walau dalam mata terpejam, sinar bisa masuk mata kita dengan samar-samar. Berikut yang membuat tidur kita tidak pulas. Disamping itu hormon melatonin yang tidak optimal dapat mengacau waktu tidurmu. Kamu yang semestinya masih perlu waktu untuk tidur, malah terbangun sebab mengantuk yang raib mendadak saat sebelum waktunya. Tidur yang kurang bermutu ini berpengaruh jelek dalam tubuh sebab beberapa proses pada tubuh tidak dapat optimal. Saat siang datang, kamu jadi lemas dan gampang capek saat bekerja.

Saat kita tidur, badan kita lakukan pemulihan diri. Beberapa sel ber-regenerasi dan badan mempersiapkan tenaga untuk keesokan hari lewat proses metabolism. Dengan kualitas tidur yang prima, proses intern badanmu optimal. Tetapi jika kualitas tidurmu kurang, proses metabolism dalam badanmu kurang optimal. Tidur pulas adalah tanda-tanda jika kamu pada keadaan sehat dan berbahagia.

Sebab proses metabolisme kita tidak berjalan secara lancar akibatnya karena tidur yang kurang bermutu, ini berpengaruh pada kegemukan. Karbohidrat yang masuk di badan kita tidak dapat diproses dengan optimal, hingga beralih menjadi tumpukan lemak.

Beberapa riset mengatakan jika sinar lampu pada malam hari dapat memacu timbulnya kanker. Dalam suatu riset, 2000 orang yang kerap bekerja shif malam mempunyai resiko semakin tinggi untuk terserang kanker prostat pada pria. Untuk wanita, terkena lampu saat malam hari bisa tingkatkan bermacam resiko kanker. Hormon melatanin yang berperan sebagai anti-oksidan yang mendesak radikal bebas bisa dibuat secara optimal pada keadaan gelap.