post

Pasti kamu pernah menemui masakan cumi hitam yang memakai tinta cumi sebagai salah satunya bumbu sekalian bahan warna hitamnya. Rasanya lebih renyah daripada masakan cumi yang tintanya malah dibuang. Tidak bingung, ingat tidak seluruh orang suka dengan masakan cumi hitam dan buang tintanya sebab memandang tinta cumi beracun dan berbahaya untuk kesehatan. Walau sebenarnya, tinta cumi bisa dikonsumsi dan termasuk aman lo!

Kesitimewan cumi-cumi tidak cuman berada pada dagingnya yang nikmat dan sehatkan, tetapi juga pada tintanya. Tinta cumi memiliki kandungan banyak senyawa, terhitung melanin, enzim, polisakarida, katekolamin (hormon), logam seperti kadmium, timah, dan tembaga, dan asam amino, seperti glutamat, taurin, alanin, leusin, dan asam aspartat. Kandung senyawa berikut yang jadikan tinta cumi cumi bermanfaat untuk kesehatan. Ini keterangan selengkapnya!

Sadar tidak sich, masakan cumi yang mengikutkan tintanya sebagai bumbu punyai rasa yang lebih lezat? Itu sebab tinta cumi memiliki kandungan asam glutamat yang hasilkan rasa yang kaya seperti dalam micin. Sebab rasa tinta cumi condong asin, karena itu kamu bisa kurangi jumlah garam saat mengolah cumi hitam. Tetapi berhati-hati buatmu yang peka pada zat glutamat, konsumsi cumi dan tintanya ini dapat dikurangi atau tidak terlalu berlebih, ya!

Tinta cumi memiliki kandungan zat besi yang disebut mineral penting untuk produksi hemoglobin dan mioglobin, dua protein yang diketemukan dalam sel darah merah yang menolong bawa oksigen ke semua badan. Beberapa periset berteori jika tinta cumi-cumi kemungkinan bisa berperan untuk sumber zat besi baru untuk manusia. Kandung tinta cumi ini mempunyai kekuatan untuk tingkatkan sel darah merah yang bermanfaat buatmu yang menanggung derita anemia.

Karakter anti-oksidan tinta cumi-cumi ini berawal dari polisakarida yang sudah diketemukan membuat perlindungan badan dari radikal bebas. Kandung anti-oksidan ini bisa dibuktikan mempunyai rutinitas antikanker, menahan penyakit akut seperti jantung dan diabetes. Walau demikian, masih begitu awal untuk mengakui. Ajika tinta cumi cumi bisa digunakan untuk penyembuhan jantung, diabetes, atau kanker karena masih memerlukan riset selanjutnya.

Kecuali tinta cumi cumi bisa menahan penyakit akut. zat warna hitam ini dipercayai bisa menolong. Amemperlebar pembuluh darah yang memperlancar penekanan darah.