post

Kita hidup di bumi ini bersama beberapa orang yang lain. Dimulai dari keluarga, rekan, sampai rekanan kerja. Setiap memiliki karakter yang lain. Oleh karena itu tidak semua pas merajut jalinan persahabatan. Ada orang langsung klop denganmu walaupun baru saja kenalan. Kebalikannya, ada pula orang yang berlaku kurang nikmat kepadamu. Sebenarnya mengapa ya?

Mungkin keadaan itu membuat kamu risau. Apa lagi kamu mulai sadar jika makin dewasa, jumlah temanmu kok makin berkurang ya? Jangan-jangan benar ada yang keliru? Lumrah saja, manusia memang punyai kemauan landasan untuk dicintai sama-sama. Kamu jadi berasa bersalah jika ada beberapa orang yang membencimu, dan berasa merasa tidak berhasil sebagai makhluk sosial. Tetapi sebenarnya, apa lumrah bila kamu tidak dicintai oleh seseorang?

Bila tidak dicintai beberapa orang sekalian, kemungkinan benar ada yang keliru dengan perilakumu sejauh ini. Tetapi bagaimana jika cuman satu 2 orang yang tidak senang kepadamu? Tenang saja, tidak perlu risau. Sebenarnya lumrah saja sebab tidak ada manusia yang prima. Kamu tentu punyai kekurangan atau sempat lakukan kekeliruan. Itu yang membuat sebagian orang menjauh darimu. Kamu dapat meminta maaf jika lakukan kekeliruan, tetapi kamu tidak dapat memaksakan orang untuk selalu mencintaimu.

Juta-an orang hidup di bumi ini dengan karakter yang lain. Ada yang pemalu, ada pula yang terlalu berani. Ada yang pendiam, ada pula yang cerewet sekali. Ketidaksamaan itu dapat membuat hidup lebih cantik dan warna. Sayang, kadang juga bisa mengakibatkan bercekcok. Tetapi itu lumrah kok! Tidak apa-apa jika seorang tidak senang kepadamu sebab karakter kalian berlainan. Terkadang sebagai manusia, kita memang condong bergabung sama orang yang serupa.

Sebab takut dibenci, kemungkinan kamu pernah bekerja keras membahagiakan seluruh orang. Walau sebenarnya itu tidak mungkin lo. Ingin melakukan perbuatan seperti apakah juga, kamu tidak bisa membuat semua senang. Karena tiap orang mempunyai kegemaran yang lain. Bahkan juga, tiap orang mempunyai akseptasi yang lain atas sestau yang kamu kerjakan. Jadi, lebih bagus kamu berlaku apa yang ada. Usahakanlah jujur pada beberapa orang di sekelilingmu. Bila ada yang membencimu karenanya, diamkan saja. Lebih bagus konsentrasi pada mereka yang terima orisinalitas diri kamu.