post

Tanda pasangan berbahagia itu yang seperti apakah sich? Apa kamu kerap kurang percaya diri saat menyaksikan pasangan di sosial media yang menurut kamu cute dan punyai relationship goals sekali? Atau kamu seringkali iri pada temanmu dan kekasihnya nampak 100% pas keduanya? Di matamu, mereka ialah pasangan berbahagia yang sebenarnya. Solid, tak pernah berantem, sama-sama menjelaskan beberapa hal manis, dan yang pasti, mesra terooos!

Lalu kamu akan mengevaluasi kembali hubunganmu dengan pasanganmu sendiri yang dirasa-rasa semakin banyak berantemnya dibanding sayang-sayangannya. Kamu jadi berasa kurang berbahagia dan mulai bertanya hubunganmu dengan si kekasih itu pantas diteruskan tidak ya?

Tetapi apa iya, mereka-mereka yang kamu kira pasangan berbahagia memang tak pernah hadapi permasalahan dan tidak pernah berantem? Atau pengertian berbahagiamu itu terjerat dalam mitos-mitos jalinan yang kamu simpulkan sebagai berbahagia?

Walau kamu menyaksikan mereka selalu solid dan cerah, bukan bermakna mereka tidak pernah berantem lo. Mereka berantem, tetapi mereka mengetahui tempat. Berantem di muka umum terang bukan opsi pertama mereka. Walau berantem, mereka sama-sama maafkan. Namanya jalinan di antara 2 orang. Perbedaan dalam satu hal bisa peristiwa, dan bukan bermakna itu kamu tidak berbahagia.

Ketidaksamaan opini lumrah. Misalkan sang cewek senang MU, sang cowok senang Liverpool. Ya boleh-boleh saja tho? Yang cowok tidak perlu tukar club pujaan untuk membahagiakan ceweknya. Dan sang cewek tidak perlu sok-sok berbahagia jika Liverpool menghajar MU. Pokoknya ialah, ketidaksamaan opini itu lumrah ada, dan tak perlu harus disudahi satu persetujuan bundar. Jika dengan bahasa politik istilahnya “agree to disagree”.

Jika saksikan kekasih temanmu selalu bawain bunga setiap bertemu, atau ngirim rekaman ia menyanyi sekalian main gitar untuk temanmu sebagai pengantar tidur, atau juga bisa ia kekasih yang selalu siaga—siap, antar, jaga—untuk temanmu, kemungkinan kamu sempat gigit jemari. Rasanya kekasih temanmu ialah kekasih yang prima, dan jalinan mereka betul-betul dambaan.

Tetapi berbahagia tidak sama dengan romantis lo. Kebenaran saja kekasih temanmu ialah orang yang romantis. Dan untuk beberapa orang yang tidak romantis, mereka punyai langkah sendiri untuk memperlihatkan kasih sayang. Apalagi, jika kekasihmu bukan cowok romantis, cueknya meminta ampun, sekalipun ia romantis, kamu dapat tidak sadarkan diri.